Pria di Cina Bertemu Anaknya yang Diculik 24 Tahun Lalu

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang pria di Cina akhirnya dipertemukan dengan anaknya setelah ia mencarinya selama 24 tahun, dimana ia menjelajahi hampir seluruh penjuru Cina menggunakan motor untuk mencari anaknya.

Putra Guo Gangtang diculik saat ia berusia dua tahun oleh dua orang penjual manusia. Ia diculik di depan rumahnya di provinsi Shandong.

Kisah ini bahkan menjadi inspirasi sebuah film yang dirilis pada tahun 2015 dan dibintangi oleh aktor asal Hong Kong Andy Lau.

Dilansir dari Global Times, Kementerian Keamanan Masyarakat Cina menyatakan polisi berhasil mengusut identitas anaknya menggunakan tes DNA. Dua tersangka kemudian dicari dan berhasil ditangkap.

Menurut laporan China News, dua tersangka yang pada saat itu menjalin hubungan pacaran, telah merencanakan untuk menculik seorang anak untuk dijual dan mendapatkan uang.

Setelah mereka melihat anak Guo bermain sendirian di depan rumahnya, tersangka wanita yang bernama Tang kemudian menariknya dan membawanya ke stasiun bus, di mana rekannya, Hu sudah menunggu.

Pasangan ini kemudian membawa anak Guo ke provinsi Henan dan menjualnya di sana. Laporan media lokal menyatakan anak ini masih tinggal di provinsi tersebut.

Guo mengatakan kepada wartawan bahwa semua hal akan bahagia setelah anaknya berhasil ditemukan.

Setelah anaknya diculik pada tahun 1997, Guo dikabarkan menjelajahi lebih dari 20 provinsi menggunakan sepeda motor untuk mencarinya berdasarkan informasi-informasi yang ia kumpulkan.

Dalam proses pencarian ini, ia sudah berkali-kali kecelakaan yang menyebabkan tulangnya patah dan bahkan ia pernah berhadapan dengan begal jalanan. 10 sepeda motor juga rusak selama ia mencari anaknya.

Ia membawa banner dengan foto wajah anaknya. Ia bahkan menghabiskan tabungan hidupnya untuk misi ini, ia tidur di bawah jembatan dan mengemis uang ketika uangnya sendiri habis.

Selama ia mencari anaknya, ia juga menjadi anggota penting dalam organisasi-organisasi orang hilang di Cina, ia juga telah membantu 7 orang tua bertemu kembali dengan anak mereka yang diculik.

Setelah dikabarkan anak Guo berhasil ditemukan, media sosial Cina sangat berbahagia dan menyampaikan banyak pesan dukungan terhadap ayah ini.

"Banyak orang tua yang akan menyerah selama ini. Ia sangat hebat dan aku sangat bahagia untuknya," tulis pengguna media sosial Weibo.

Di Cina, penculikan dan penjualan bayi telah menjadi masalah selama puluhan tahun. Pada tahun 2015. diperkirakan 20.000 anak diculik setiap tahunnya di Cina. Banyak dari mereka dijual untuk adopsi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.